Sabtu, 29 Mei 2010
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
Latar Belakang
Pada era orde baru mutu pendidikan masih rendah walaupun peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan selama 6 pelita
Sekolah lebih tahu kelemahan, kelebihan, dan kebutuhan dirinya
Pengamatan terhadap sekolah yang bermutu dan turun mutunya.
Pembinaan pendidikan selama ini lebih bersifat input oriented
Regulasi birokrasi terhadap pendidikan masih terlalu ketat
Partisipasi masyarakat belum kuat.
- Dampak Kebijakan Manajeman Sentralistik
Sikap dan perilaku pada sekolah, jika hanya mengikuti peraturan, tunggu ditunjuk dan pasif akan menimbulkan :
Inisiatif dan kreatifitas berkurang.
Tanggung jawab kurang.
Bersikap birokratif.
Bekerja mekanistis dan repetitive.
Semangat kerja kurang karena kurang termotivasi - Karakteristik
Kemandirian
Pendayagunaan sumber
Pemberdayaan masyarakat
Transparansi
Akuntabilitas
- Esensi Umum MBS ( Manajemen Berbasis Sekolah )
Ada kerangka aturan nasional
Ada garis besar pedoman secara nasional
Perbedaan pengelolaan sekolah negeri dan swasta tidak terlalu besar
MBS tidak dengan sendirinya meningkatkan mutu pendidikan jika hanya ditaksirkan secara harfiah, sebagai devolusi kewenangan dari pusat sekolah tidak disertai dengan kesadaran akan mutu pendidikan, sehingga diperlukan MBS
- Ciri sekolah efektif :
Lingkungan tertib dan aman.
Visi, misi dan target jelas.
Kepemimpinan yang kuat.
Pengembangan staf.
Tingkat harapan yang tinggi.
Evaluasi untuk perbaikan PBM
Partisipasi orang tua dan masyarakat baik.
Adanya komitmen bersama-sama untuk pengembangan mutu.
Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah:
Miningkatka mutu pendidikan.
Mengoptimalkan sumber daya sekolah.
Meningkatkan motivasi dan kepuasan kepala sekolah dan guru sebagai profesional dan bersama orang tua bertanggung jawab atas mutu sekolahnya.
Meningkatkan tanggung jawab sekolah terhadap ”Stake Holder” pendidikan.
Memacu semangat kompetitif yang sehat antar sekolah.
- Langkah MPMBS
Evaluasi diri
Perumusan visi, misi, dan target mutu yang jelas
Perencanaan program kegiatan
Pelaksanaan program kegiatan
Monitoring dan evaluasi program
Penetapan target mutu baru
- Kontrol Pelaksanaan
Transparansi manajemen sekolah
Akuntabilitas
Evaluasi internal maupun eksternal
0 komentar:
Posting Komentar